Kenapa Pupuk Hayati ?!

Pupuk adalah zat yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik. Sebagaimana manusia dan makhluk hidup lainnya, tanaman membutuhkan zat makanan yang cukup berimbang atau biasanya disebut unsur hara. Jika unsur hara tidak seimbang, maka pertumbuhannya menjadi tidak normal dan produktivitas tidak optimal.

Pupuk sangat penting untuk meningkatkan produksi tanaman. Penggunaan pupuk kimia seperti Urea (pupuk kimia yang mengandung Nitrogen berkadar tinggi), ZA (pupuk buatan dengan komposisi utama ammonium sulfat), TSP (tripel superfosfat) dan KCL (pupuk kalium klorida) di Indonesia mampu meningkatkan hasil pertanian. Namun tanpa disadari penggunaan pupuk kimia secara terus menerus terbukti sangat merugikan. Pemakaian pupuk kimia dalam jangka waktu lama dapat merusak sifat fisik, kimia, dan biologi tanah sehingga kemampuan tanah untuk mendukung ketersediaan air, hara dan kehidupan mikroorganisme menurun.

Kini sering kali kita mendengar keluhan dari petani karena hasil panennya terus menurun dari tahun ke tahun. Selain itu, tanaman sering diserang hama dan frekuensi panen terus menurun (hanya satu kali panen dalam satu tahun). Keadaan ini terjadi karena tingkat kesuburan tanah dan bahan organik tanah mengalami penurunan. Akibatnya kemampuan tanah untuk mendukung ketersediaan air, hara, dan kehidupan mikroorganisme yang dibutuhkan tanaman mengalami penurunan.

Keadaan di atas sebenarnya tidak akan terjadi jika tanah mendapat perlakuan yang baik, misalnya penggunaan pupuk yang aman bagi tanaman  dan tanah, salah satunya jenisnya adalah pupuk organik. Pemanfaatan pupuk organik mulai dilakukan oleh petani di Indonesia. Seiring dengan pola manusia cenderung back to nature, pemanfaatan pupuk organik semakin meningkat. Oleh karena itu pemakaian pupuk organik cair semakin digemari oleh masyarakat petani.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat untuk sidup sehat, Tianshi memasarkan pupuk hayati dengan merk TIENS GOLDEN HARVEST yang dapat digunakan untuk semua jenis tanaman.

TIENS GOLDEN HARVEST adalah suatu teknologi penyubur tanah dan tanaman, dengan menggunakan pupuk hayati yang dibuat dengan teknologi AGRICULTRAL GROWTH PROMOTING INOCULANT (AGPI), suatu inokulan campruan yang berbentuk cair, mengandung hormon tumbuh indole acid serta mikroba indigenous (mikroba tanah setempat) asli Indonesia, yang sangat dibutuhkan dalam proses penyuburan tanah secara biologi antara lain Azospirillium sp., Azotobacter sp., mikroba pelarut P, Lactobacillus sp., dan mikroba pendegrasi selulosa. Mikroba dan enzim tersebut dapat bekerja secara maksimal dan dapat mengubah unsur hara yang tadinya sulit untuk diserap tanaman menjasi unsur hara yang mudah diserap oleh tanaman sehingga penggunaan pupuk menjadi sangat efisien.

KABAR GEMBIRA BAGI DUNIA PERTANIAN INDONESIA

Telah beredar Pupuk Hayati berteknologi tinggi dan ramah lingkungan yang mampu mengatasi keluhan petani. Pupuk kimia mahal dan langka. Kini bukan lagi menjadi masalah bagi petani yang menggunakan teknologi ini.

TIENS GOLDEN HARVEST adalah produk bioteknologi karya emas ptra terbaik bangsa Indonesia, yang telah melalui serangkaian uji laboratorium dan uji lapangan selama kurang lebih 10 tahun.

TIENS GOLDEN HARVEST adalah produk bioteknologi generasi terbaru, merupakan solusi bagi problem yang dihadapi petani. Dengan teknologi ini petani dapat menikmati keuntungan dengan kenaikan produksi yang melimpah dan biaya yang murah.

TIENS GOLDEN HAVEST mendukung program KETAHANAN PANGAN DAN GERAKAN GO ORGANIK 2010  yang dicanangkan oleh  Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudoyono.

MISI TIENS GOLDEN HARVEST :

  • Mengembangkan pertanian organik ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan Masyarakat
  • Berperan aktif dalam membina dan mengembangkan ketrampilan petani dalam berusaha tani.
  • Memberikan pengetahuan mengenai teknik pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk hasil yang memuaskan
  • Membina hubungan kerjasama dengan pemerintah dan organisasi lain dalam pengembangan usaha pertanian ramah lingkungan
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya arti pertanian bagi kehidupan

BRIEF HISTORY :

  • Tahun 1985-sekarang. Riset isolasi dan analisis potensi mikroba tanah dari bumi Indonesia
  • 1986-sekarang. Uji potensi mikroba unggul yang telah terseleksi di laboratorium
  • 1996. Telah terpilih mikroba unggul yang dikemas dalam sebuah teknologi Agricultural Growth Promoting Inoculant (AGPI)
  • Tahun 1997. Uji lapangan di sentra pertanian Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.
  • Tahun 1998. Uji praktis dan evaluasi oleh petani
  • Tahun 1998. Produksi oleh PT SMS Indoputra

TIENS GORDEN HARVEST berbahan aktif mikroba indigenous asli Indonesia ramah lingkungan (tidak mengandung logam berat As, Pb, Hg, Cd dan Mikroba Patogen, Salmonella Sp) telah dipersiapkan serta dirancang untuk pembangunan dunia pertanian yang berkelanjutan

PLATFORM TEKNOLOGI :

Kesuburan Tanah itu mempunyai 3 unsur penting yaitu BIOLOGI, FISIKA DAN KIMIA. Ketiga unsur ini di kombinasikan oleh Tiens Golden Harvest. Perpaduan TIENS GORDEN HARVEST dengan pupuk kimia akan selalu dicari dan dibutuhkan petani karena sudah terbukti dan teruji (menjadikan produktivitas tinggi dan ramah lingkungan)

Aplikasi Teknologi

Agricultural Growth Promoting Inoculant (AGPI)

Agricultural Growth Promoting Inoculant, suatu inokulan campuran yang berbentuk cair, mengandung hormon tumbuh dan berbahan aktif bakteri penambat N2 secara asosiatif, mikroba pelarut P dan penghasil selulase

Beberapa jenis mikroba dalam proses penyuburan tanah secara biologi antara lain Azospirillum, Azotobacter, Mikroba Pelarut P, Lactobacillus, Mikroba Pendegrasasi Selulosa, Hormon Tumbuh Idole Acetic Acid,dan Enzim Selulose

 

Kandungan TIENS Golden Harvest :

  • Azatobacter sp                                      2,0 x 107 – 105 sel/ml
  • Mikroba pelarut fosfat                          3,0 x 107 – 105 sel/ml
  • Azospirillium sp                                     2,3 x 108 – 105 sel/ml
  • Mikroba Pendegradasi Selulose           3,5 x 107 – 104 sel/ml
  • Lactobacillus sp                                   1,5 x 104 – 103 sel/ml
  • Pseudomonas sp                                  1,7 x 106 – 104 sel/ml
  • P=34,70 ppm; K=1700ppm; C organik=0,92%; N=0,04%; Fe-443 ppm; Mn=0,23 ppm; Cu 0,85 ppm zN=3,7 ppm

Keuntungan Menggunakan TIENS Golden Harvest :

  • Hasil panen akan meningkat 20% s/d 50% dari biasanya (menjadi optimal)
  • Penggunaan pupuk kimia lebih hemat 50% dari biasanya
  • Mampu mengurangi pestisida (residu s/d 0%) dan mengurangi tumbuhnya gulma
  • Mengurangi timbulnya gulma pada tanaman padi
  • Penampilan tanaman lebih sehat dan segar
  • Kesuburan lahan terjaga

5 Komentar

  1. helooo browwwww

  2. lF7udtPkoCejF

  3. advertising

  4. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself or did you

    hire someone to do it for you? Plz respond as I’m looking to create my own blog and

    would like to find out where u got this from. thank you

  5. excellent points altogether, you just gained a new reader.

    What would you recommend in regards to your post that you made a few days ago?
    Any positive?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s