Filosofi Semut Dalam Dunia Network Marketing

Ada gula ada semut…..pepatah yang menggambarkan adanya akibat karena ada sebab. Namun tidak selamanya peptah yang kadang diartikan negatif ini memilii citra yang negatif pula. Semut yang dianggap hewan yang mengganggu keberadaan manusia juga memilki nilai yang tidak kalah perlu diteladani dalam memnuhi kehidupannya. Karakter keseharian semut yang ditunjukkan perlu kita ambil sari positifnya untuk melangkah dalam bisnis network marketing. Setidaknya bagaimana semut mempertahankan hidup dengan lingkungan dapat kita jadikan pedoman positif untuk mengembangkan bisnis yang notabene diperlukan pekerja handal, ulet, dan tak pantang menyerah. Berikut ini filosofi-filosofinya yang mungkin akan membuka wacana anda dalam mengarungi bisnis.

Kerjasama yang luar biasa diantara semut. Hal ini terlihat saat semut mengangkat makanan yang kemudian dimakan bersama-sama diantara semut itu. Bagaimana kerjasama terlihat ketika makanan yang dibawa walaupun terlihat berat dengan kondisi fisik semut yang kecil saat dibawa sendirian akan keliatan ringan ketika dijinjing bersama dinatara semut itu. Hal ini berlaku seterusnya hingga butiran makanan yang dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. Kerjasama dan kekompakan inilah yang dapat kita jadikan tauladan bagi kita. Misalnya saat downline atau rekan kita mengalami kesulitan dalam membuka jaringan dll, yang senantiasa butuh bantuan orang lain saatnya kita juga memberikan bantuan terbaik buat mereka. Kita bisa hidup dan meraih kesuksesan karena rantai kerjasamanya yang luar biasa diantara pengikat didalamnya.

Kepedulian diantara semut. Semut akan saling bersentuhan bila mereka bertemu dan berpapasan. yang mungkin bila diterjemahkan dalam bahasa hal ini adalah adanya tegur sapa dan bersalaman bila bertemu dan berjumpa dimana saja. ini menyimbolkan bahwa diantara kedua belah pihak terjalin kepedulian dan keakraban yang tinggi. Dimana di situ ada moment atau ruang untuk “ber-share” antara kedua belah pihak untuk menanyakan “uneg-uneg” dalam diri satu pihak, pihak lainnya jadilah pendengar setia dan kalau mungkin ada masalah, pecahkan problema itu secara bersama-sama, yakinkan di bisnis ini kita adalah sama dan tidak ada kasta yang membentengi pergaulan kita. Kita berjuang bersama-sama untuk meraih tujuan hidup yang lebih baik.

Sikap tidak pernah menyerah yang ditunjukkan oelh semut. Nilai yang sangat patut kita contoh ditunjukkan semut saat langkah semut menghadapi halangan. Misalnya semut ketika berjalan  menghadapi hambatan dan ada yang berusaha menghambati perjalanan, mereka akan selalu mencari jalan keluar sampai benar-benar dapat menemukan jalan keluar. Tak peduli harus memanjat ke atas, mencari celah, menerobos kesana-kesini hingga benar-benar menemukan jalan keluar yang pas. Suatu filosofi yang luar biasa, jangan pernah anda merasa lelah, menyerah pada keadaan sebelum tujuan yang ingin anda capai benar-benar terwujud…….

Anggapan semut bahwa semua musim panas sebagai musin dingin. Ini merupakan cara pandang yang penting. Semut-semut mengumpulkan bahan makanan untuk musin dingin pada saat pertengahan musim panas, maka perlu anda sadari jangan terlalu naif dengan menganggap musim panas akan berlangsung lama. berfikirlah anda kedepan, pasti ada halangan, rintangan yang senantiasa menghalangi langkah kita. Berfikirlah selalu kedepan akan efek yang timbul dari perjalanan langkah bisnis network marketing apalagi apabila anda ada diposisi strategis dalam bisnis ini, misalnya anda seorang leader dengan jaringan yang luas. Berfikirlah kedepan bahwa faktor psikologis dari downline anda akan mengalami perasaan jenuh, perasaan bosan dalam menjalankan roda bisnis ini. Disinilah letak Tugas Leader untuk selalu memompa, memberikan motivasi, bahwa ada Goals yang ingin kita capai bersama. Jangan pernah berhenti untuk selalu memonitoring keadaan-keadaan yang timbul diluar sana.

Anggapan semut bahwa semua musim dingin sebagai musim panas. Hal yang tak kalah pentingnya dengan hal diatas. Selama musim dingin semut selalu bersembunyi di sarangnya. Maka pada hari pertama musim semi tiba semut-semut akan keluar dari liangnya utnuk mencari makan dan akan kembali bersembunyi saat cuaca dingin mulai datang. Hal ini mengisyaratkan bagi semut kalau musim dingin tidak akan berlangsung selamanya. semut meyakini akan bisa keluar dari masa sulit ini. Dan apabila hari pertama musim panas tiba semut akan segera keluar dari sarangnya dan akan segera mencari makan tanpa menunggu lama lagi. Hal ini dapat diterapkan dalam dunia network marketing bahwa kita yakin akan keluar dari kondisi sulit, dimana bagaimanapun sulitnya kita mensponsori orang kita tetap mempunyai keyakinan dan optimis bahwa dibalik ini kita juga akan mencapai hal yang kita inginkan yaitu kebebasan finansial yang berlimpah. Optimis bahwa kita mampu akan memandang masa depan

Dari beberapa uraian diatas mungkin anda dapat menteladani filosofi semut ternyata dengan menjaga kerjasam, kekompakan, saling peduli, pantang menyerah, optimis memandang masa depan akan membawa kesuksesan bagi diri anda, karena anda lebih hebat dari bangsa semut.

(Sumber : Starnet Magazine-Volume IV-November 2006/lion network international community deveplopment)

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s